Translate

Statt

Minggu, 12 April 2015

RUPIAH DARI SEMUT RANGRANG





Teknik Pemindahan Semut Rangrang Dari Alam ke Media Sarang atau Dari Media Sarang ke Media Sarang Yang Lain

Oke sekarang kita sudah mengetahui cara dan teknik membuat media sarang dan media penempatan sarang (rak) serta cara memperoleh Semut Rangrang-nya. Berikutnya adalah Teknik Pemindahan Semut Rangrang Dari Alam ke Media Sarang atau Dari Media Sarang ke Media Sarang Yang Lain.

Sarang semut rangrang yang asli berupa anyaman daun-daunan yang masih hijau berbentuk melengkung yang saling terekat. Didalamnya terdapat komunitas semut rangrang.
Secara garis besar, pemindahan dibagi 2 jenis yaitu:
1. Pemindahan secara langsung
Pemindahan ini dilakukan dengan cara memasukkan sarang semut rangrang alam ke media sarang buatan lalu sarang semut rangrang alam tersebut dirusak agar semut mau menempati sarang barunya.

Cara seperti ini tidak membutuhkan waktu lama namun membutuhkan ketelatenan karena tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Karena jika kita tergesa-gesa, maka efeknya kawanan semut rangrang akan merasa stress dan berujung enggan menempati sarang barunya. Bahkan semut banyak yang mati. Namun hal itu jarang terjadi.

Langkah-langkahnya sbb:
1. Sediakan bak / wadah besar dengan diameter lebih besar dari media sarang buatan. Lapisi ujung bak dengan tepung kanji/abu gosok kayu bakar secara merata dg ketinggian ± 5 cm.
2. Tutup lubang keluar masuk pada media sarang buatan dengan kertas koran dan lakban/isolasi. Lalu tempatkan secara normal di tengah-tengah bak. Bagian lubang tertutup koran + isolasi berada di bawah/menyentuh lantai bak.
3. Pakai sarung tangan Plastik yang telah dilumuri tepung kanji.

4. Ambil sak wadah beras yang berisi sarang semut rangrang asli lalu tumpahkan ke dalam media sarang buatan secara hati2 dan pelan-pelan.
5. Setelah sarang semut asli berada di dalam media sarang buatan, rusak sarang asli tersebut dengan menusuk-nusuknya menggunakan media kayu, bambu atau besi agak panjang secara hati2. Ambil daun-nya. Bisa diambil semua, bisa juga anda sisakan 2-5 lembar saja. Perhatikan tingkah pola semut rangrang. Usahakan jangan sampai Ratu Semut pergi/terbang.
6. Setelah itu, media sarang anda miringkan perlahan-lahan sampai sisi samping media sarang bersentuhan dengan bagian lantai bak. Masukkan makanan kesukaan semut rangrang (ulat bulu, usus ayam atau tulang ayam) ke dalam media sarang buatan.
7. Ambil tutup media sarang, lalu tutupkan ke media sarang sambil media sarang ditegakkan dengan posisi lubang tertutup koran berada di atas.
8. Sisa semut rangrang yang ada di bak, bisa anda buang atau anda ambil lalu taruh di bagian atas media sarang buatan (dekat pintu keluar masuk ke dalam sarang) setelah kertas koran dibuka.
9. Setelah itu tempatkan media sarang buatan yang sudah terisi semut rangrang dengan lubang tertutup kertas koran tadi ke atas media penempatan sarang buatan (rak). Beri air minum larutan gula pekat dengan perbandingan 1:3 atau 1:5. 1 sendok air untuk 3 sendok gula putih atau 1 sendok air untuk 5 sendok gula putih. Tempatkan minuman dalam wadah (bisa tutup botol atau tempat lain, asalkan ketinggiannya rendah)
10. Tinggalkan media sarang buatan yang masih tertutup koran tersebut selama ± 1 jam, baru kemudian anda buka tutupnya.
Setelah koran penutup dibuka, jangan dulu beranjak. Amati terlebih dahulu tingkah pola semut rangrang. Awal mula, semut akan berhamburan keluar secara acak seperti kebingungan. Namun lama kelamaan semut akan bergerak normal. Kalo gerakan sudah normal, artinya semut sudah bisa beradaptasi dengan media sarang buatan.

2. Pemindahan secara tidak langsung
Pemindahan ini dilakukan dengan cara membiarkan semut melakukan pemindahan sarang sendiri. Bisa dibilang secara alami.
Cara ini relatif membutuhkan waktu lama. Dari pengalaman, untuk memindahkan 1 sarang alam ke dalam 1 buah sarang plastik ukuran 5 liter, membutuhkan waktu ± 1 jam. Begitu juga ketika mencoba memindahkan 1 sarang ukuran kecil, ke dalam media sarang botol Miz*ne, butuh waktu ± 45 menit. Lumayan lama.

Langkah-langkahnya sbb:
1. Jika media sarang buatan sudah tertata dalam sebuah media penempatan sarang (rak), air minum larutan gula dan makanan sudah tersedia, anda tinggal menaruh sarang semut rangrang alam tersebut di lantai rak, lalu rusak sarang semut alam tersebut dengan cara seperti yang sudah disebutkan di atas. Lalu tinggalkan saja agar semut pindah sendiri. Biasanya membutuhkan waktu ± 1 jam.
2. Jika media sarang buatan belum tertata di media penempatan sarang (rak), lakukan langkah berikut :
    a. Sediakan bak / wadah besar dengan diameter lebih besar dari media sarang buatan. Lapisi ujung bak dengan tepung kanji/abu gosok kayu bakar secara merata dg ketinggian ± 5 cm.
    b. Tempatkan media sarang buatan berdampingan dengan posisi agak diatas bak. Beri wadah air dibawah media sarang buatan.
    c. Beri makanan dan minuman di bagian media sarang buatan, dekat dengan lubang pintu masuk. Atau makanan di dalam media sarang buatan sedang minuman di bagian atas.
    d. Tumpahkan sarang semut asli ke dalam bak lalu rusak sarang asli dengan cara sama seperti tersebut di atas. 
    e. Setelah kawanan semut terlihat berhamburan, beri jembatan berupa kayu atau bambu dari tengah bak ke media sarang buatan. Usahakan jembatan tersebut tidak bersinggungan dengan bibir bak dan berjarak agak tinggi dari bibir bak.
    f. Biarkan semut pindah sendiri. Biasanya membutuhkan waktu ± 1 jam.

Sekarang, kawanan semut rangrang sudah berada di media sarang buatan. Proses pemindahan ini dikatakan berhasil apabila dalam jangka waktu 3-5 hari, sudah terlihat ada serat putih yang dihasilkan oleh larva dan digunakan oleh semut pekerja dan prajurit untuk menganyam sarang sebagai tempat telur dari Ratu semut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar